jump to navigation

Karena Dewan lah penguasanya January 7, 2011

Posted by danoe87 in Daily Journal.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Bagi teman-teman yang menyukai tantangan dan tidak suka dengan hal-hal yang berbau monoton hampir pasti tidak ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) karena PNS memiliki image sebagai pegawai yang stagnan dan kurang cekatan (kecuali tenaga pengajar). Hal ini sah- sah saja jika kita melihat dari luar dunia PNS itu sendiri, seperti contoh pembangunan sarana infrastruktur yang lamban dan terkesan asal-asalan, pengurusan KTP yang di beberapa daerah bermasalah, dan lain sebagainya. Terlepas dari citra negatif PNS apakah pernah terpikir oleh kita apakah latar belakang citra yang kurang baik dari PNS tersebut..?

Berawal dari santap siang bersama seorang kepala departemen (kita sebut dengan nama Pak Bos)di salah satu kabupaten di Propinsi Jawa Timur, ketika pulang sambil melihat jalan yang rusak di depan restoran tempat kami makan Pak Bos berkata “sebetulnya jalanan di depan ini bisa diperbaiki oleh pemerintah dengan pajak restoran yang sekitar 10 persen ini” terus saya bertanya “kenapa ga diperbaiki aja pak..??? ” beliau menjawab “ya karena itu bukan keputusan departemen yang bersangkutan tapi lebih kepada keputusan dewan” beliau menambahkan “kalau dari dewan ga setuju ya apa boleh buat kita ga kerja, jadi kita lebih kepada pelaksana teknis.. kalo di acc ya dikerjakan kalo enggak ya sudah gitu-gitu aja”. Saya sendiri sudah cukup miris ketika mendengarkan pernyataan tersebut namun ternyata masih ada lagi kejutan lainnya, “saya pernah mengutarakan sesuatu kepada orang Dewan tentang pembangunan di suatu tempat dan perencanannya namun anggota Dewan tersebut berkata, sudahlah kamu ga usah keminter (sok pintar) itu urusan saya kamu urus saja sana ” cerita Pak Bos sambil menirukan perkataan anggota Dewan tersebut. Saya sendiri cuman bisa geleng-geleng mendengarkan cerita tersebut. Dari percakapan siang itu dapat saya simpulkan keputusan pembangunan infrastruktur suatu daerah ditentukan dari keputusan Dewan dan keputusan tersebut bukanlah keputusan yang bersifat teknis namun lebih kepada keputusan politis yang didalamnya terdapat lobi-lobi karena berkaitan dengan Dapil (Daerah pemilihan) Dewan yang berkepentingan.

Dari percakapan diatas saya juga merubah pandangan saya terhadap pemerintah terutama kalangan PNS karena bagaimanapun juga pengambil keputusan kebijakan berada pada anggota Dewan dan PNS yang bersangkutan hanya menjalankan perintah saja. Jadi kalau kualitas Dewannya biasa-biasa saja jangan pernah berharap untuk menjadikan Indonesia menjadi negara yang maju

Comments»

1. kojack - January 11, 2011

lingkaran setan demokrasi ya….

Danu - January 14, 2011

sampe speechless aku pas itu


Leave a comment