jump to navigation

Crossover, Jalankan aplikasi Windows di Linux March 13, 2008

Posted by danoe87 in Teknologi Informasi.
Tags: , ,
trackback

Nih dia….. buat user linux yang masih pengen maen2 sama program yang biasanya jalan di Windows ini nih ada program pengembangan dari Wine yang bernama Crossover. program ini meng create suatu virtual native windows drive pada /var sehingga kita bisa menginstall program under Windows layaknya kita menginstall secara fisik di Windows.

Program-program yang disupport langsung oleh Crossover adalah :

– Adobe Framemaker 7.1
– Adobe Photoshop 7.0
– Cortona VRML Client
– Dreamweaver MX
– End Note 8.0
– Flash Player
– Lotus Notes 6.5.1
– Microsoft Office Xp
– Microsoft Office 2003
– Microsoft Visio 2003
– Microsoft Internet 6.0
dan lain – lain, beberapa game di Windows
bisa dijalankan

Disini akan dijelaskan cara penginstallan Crossover :

  1. Download file instalasinya, untuk .rpm download disini untuk .deb download disini
  2. Masuk terminal/konsole, login sebagai root(#) lalu untuk instalasi ketikkan #rpm -ivh crossover-pro-6.0.0-1.i386.rpm tunggu sampai proses install 100% setelah itu pada start menu akan muncul menu software Crossover. Buka menu install Windows untuk menginstall program windows anda (ini adalah contoh proses instalasi pada Suse seharusnya untuk software yang lain juga dilakukan langkah yang sama).
  3. setelah masuk menu Install Windows Software akan muncul CrossOver Installation wizard, pada menu install mode pilih Express Mode (Recommended) kemudian tekan Next, kemudian pada installer file berikan file yang akan diinstall dengan cara browse file untuk mencari dimana letak file setup yang anda simpan pada harrddisk anda, contoh : setup.exe lalu klik open kemudian tekan Next (selain itu bisa juga menginstall melalui CD-ROM), setelah itu lakukan seperti anda menginstall software tersebut pada windows xp, setelah selesai proses instalation tunggulah crossover akan membuat simulasi restarting seperti pada windows, setelah selesai anda sekarang bisa memakai software kesayangan anda….silahkan buka melalui Start Menu pilih windows aplications pilih programs kemudian pilih program yang baru anda Install

Mudah kan?? selain program yang disupport secara langsung kita juga bisa menginstall program yang belum masuk daftar support Crosover caranya :

saat menginstall pada menu CrossOver Installation wizard pada di install Software pilih install unsupported software kemudian pilih Next, pilih Next lagi, kemudian pada menu Select Product location pilih Other *.exe file kemudian click tombol Browse untuk mencari file exe tersebut kemudian tekan Next, berikan nama untuk bottle, kemudiann ikuti cara menginstall seperti anda biasa menginstall di windows xp sampai selesai.

berdasarkan pengalaman saya menginstall Office 2003 font bawaan windows ternyata tidak terinstall secara otomatis (apa karena sistem fonnya mengikuti standar Linux ya???) begitu juga ketika menjalankan Adobe Photoshop masih bermasalah pada fontnya.

Comments»

1. xarom - June 4, 2008

waduh…waduh…kok warez yah..


Leave a comment